Translate:English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone
CALIFORNIA - Keunikan hewan Zebra terletak pada garis hitam putih pada tubuhnya. Tapi tahukah Anda, kalau garis itu tidak muncul begitu saja, namun ada prosesnya.
Sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Tim Caro dari University of California mencoba mengungkapkan mengenai munculnya warna hitam dan putih pada Zebra. Namun, hingga saat ini belum ada kesimpulan pasti tentang bagaimana evolusi tersebut terjadi.

Salah seorang penemu teori evolusi terkenal Charles Darwin pun sebenarnya ragu, kalau hitam putih pada Zebra terbentuk karena proses evolusi, seperti unta yang mempunyai punuk, atau kuda nil dengan kulit tebalnya. Hal senada juga diungkapkan ilmuwan lain, yaitu Alfred Russel Wallace. Namun dia menyebut pola itu membantu binatang untuk berbaur dengan lingkungannya dalam upaya menghindari pemangsa.

Jelas saja teori itu sempat mengundang tanda tanya. Sebab garis-garis itu bisa menjadi tanda yang mengundang makhluk buas semacam singa, atau leopard untuk datang. Termasuk saat malam atau terang bulan, ketika binatang itu minum terlihat sangat jelas di kejauhan. Demikian yang dilaporkan Guardian, Sabtu (24/1/2009).

"Sedangkan di wilayah Afrika Selatan, garis hitam putih Zebra tidak dapat menyediakan perlindungan apapun," terang Dr Tim Caro.

"Misteri masih belum terpecahkan, kami hanya menduga garis itu untuk membantu proses pendinginan tubuh atau untuk mengusir lalat tapi belum ada jawaban pasti," pungkasnya. (srn)

1 komentar

  1. Chang // February 2, 2009 at 11:44 PM  

    strips of zebra, the awesome camouflage!