Translate:English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ayo Kenali Tanda-tanda Dehidrasi!

Diposting oleh Didik Apriyanto | 4:29 PM | | 1 komentar »

Cassuarina Dwi Rahayu - detikhot
Dehidrasi dapat membayakan tubuh. Namun tak banyak orang yang mengenal tanda-tandanya. Ayo kenali tanda-tanda dehidrasi, dan atasi segera!

Tubuh yang kekurangan cairan/dehidrasi akan menghambat proses produksi dalam tubuh sehingga tidak berjalan normal. Sayangnya banyak yang menganggap remeh masalah dehidrasi tersebut. Padahal apabila tidak segera ditangani akan mendatangkan penyakit yang serius karena dehidrasi tidak mengenal usia dan kelamin seseorang.

Ada baiknya untuk mengenai gejala dehidrasi. Dengan mengenali tandanya, kita juga bisa mengatasinya dengan cepat. Ini dia Tanda-tandanya!

1. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat dikenali dengan berbagai gejala yang terjadi. Misalnya tubuh merasakan haus yang tak dapat ditahan, jarang sekali buang air kecil. Cepat merasa pusing apabila sedang berada di tempat gelap atau remang-remang, pusing yang luar biasa ketika sedang berdiri agak lama, kepala seperti berkunang ketika berdiri secara tiba-tiba, dan mulut yang sangat kering meskipun banyak memproduksi air liur juga menjadi cirinya.

2. Periksalah lendir yang terdapat di dalam mulut Anda dengan cara membuka mulut Anda selebar mungkin. Bercerminlah. Idealnya lendir pada membran terlihat basah, mengkilat dan tanpa warna. Apabila lendir terlihat kering dan berwarna buram maka waspadalah akan gejala dehidrasi.

3. Cobalah cubit kulit tangan Anda, apabila permukaan kulit kembali seperti semula berarti kulit Anda masih memiliki elastisitas yang cukup. Namun berhati-hatilah jika kulit Anda tidak kembali dalam keadaan semula. Karena seseorang yang menderita dehidrasi pasti akan kekurangan elastisitas pada kulit tubuhnya.

4. Dilihat dari psikologis, orang yang menderita dehidrasi umumnya terlihat mudah marah ( emosi tidak stabil), gampang merasa lelah (semula sangat aktif), wajah terlihat pucat dan mulut yang selalu terasa kering dan lengket.
by detik.com

1 komentar

  1. Yuniarto Rahardjo // December 19, 2008 at 5:49 PM  

    Ooo..gitu ya..
    Baru tahu...^^